Pengalaman Pembelajaran Saya Di Desa Agrowisata


Hari Selasa kemarin, Saya dan seluruh siswa kelas 12 jurusan IPS melakukan kegiatan pembelajaran sosiologi ke Desa Dadapan Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. sebelum hari H kami diberikan informasi oleh guru mapel kami Pak Suhadi dan Bu Indarti untuk membawa barang-barang yang dibutuhkan untuk pembelajaran kami disana. Kami diberikan tugas untuk membawa 4 buah bambu berukuran lebar 2cm dan panjang 50cm, kami juga membawakan bibit tanaman per kelompok yang kamu beli online untuk memberikannya kepada warga desa, dan kami juga sangat berharap sedikit barang yang kami bawa bisa bermanfaat bagi warga desa disana.
Pagi itu sebelum kami berangkat kesana, kami diberikan pengarahan oleh guru mapel. 
Kami berangkat kesana sekitar pukul 07:40 dengan mengendarai truk, semua kelas mengendarai bis tapi berbeda dengan kelasku.
Awalnya kami sangat ragu karena supirnya adalah teman kita sendiri tapi Alhamdulillah kami sampai disana dengan selamat.

Sesampainya disana kami bersama-sama naik ke atas untuk mengikuti arahan yang diberikan. Tanpa kami sadari ternyata perangkat desa sudah mempersiapkan sambutan untuk kami.
Kami bersama-sama diajak salah satu perangkat desa untuk langsung ke sawah, dimana kami akan menanam tanaman alpukat disana. Ternyata perangkat desa sudah menyiapkannya. Kami diberikan alat untuk menggali tanahnya. Setelah tanah itu digali sesuai dengan ukuran benihnya kami langsung memberikan arang sekam yang sudah disiapkan disana. Saya bersama kelompok kami segera menanamnya. Setelah bibit sudah kami tanam, pada bagian sisi kami beri kan bilang bambu untuk menjaga bibit aman dari gangguan hewan disekitar. Kami juga awalnya memberikan plastik di sekelilingnya. Namun ternyata salah, plastik tersebut harus diletakkan diatasnya. Semua teman dikelompokku tertawa, kami mengulangnya kembali. Kelompok kami menanamkan bibit alpukat sebanyak 3 kali.

Hari mulai panas, jam menunjukkan pukul 11:00 kami kembali ke tenda yang sudah disiapkan oleh perangkat desa. Setelah kami membersihkan tangan dan kaki, kami semua makan dengan bekal yang kami bawa dari rumah. Kami makan bersama sama dengan hiburan musik yang diisi oleh teman saya sendiri. Pada saatnya sesi wawancara pun tiba, kami mewawancarai pemerintah desa dengan menanyakan hal hal yang belum kami ketahui seputar pemberdayaan komunitas dan desa argowisata. Kami mendapatkan banyak ilmu yang belum kami dapatkan.

Pukul 13:15 Kami bergegas pulang, cuacanya sedikit mendung. Kami melewati jalan yang lebih dekat namun jalannya sempit dan sedikit curam. Ditengah perjalanan ternyata hujan turun begitu deras kami semua yang ada didalam bak truk kehujanan. Meskipun sedikit takut dengan jalan yang dilewati tapi kami menikmati semua perjalanan tersebut. Pukul 14:00 kami sampai disekolah dengan selamat.
Tanpa kita sadari mungkin pembelajaran sosiologi seperti ini akan menjadi yang terakhir karena sekitar ± 2 Bulan lagi kami akan berpisah untuk mengejar impian masing-masing


    Foto Bersama Kelompok By Abil Saputra 

Foto Penanaman Benih Alpukat by Abil Saputra 

Foto Penanaman by Abil Saputra 

Foto Serah terima kegiatan by Abil Saputra 

Foto Penanaman Alpukat by Abil Saputra 

Foto by Abil Saputra


Nama : Ahmad Riky Aprianto
No Absen : 03
Kelas : XII IPS 5

Komentar

Postingan Populer